Fungsi Goodie Bag untuk Penjualan Berbagai Jenis Produk

Fungsi Goodie Bag untuk Penjualan Berbagai Jenis Produk

Dalam transaksi jual beli, pasti membutuhkan wadah untuk menyimpan barang-barang yang sudah dibeli agar mudah dibawa. Goodie bag bisa menjadi alternatif pengganti kantong plastik, lantaran tas ini lebih ramah lingkungan dan dapat dipakai berulang kali. Banyak pelaku usaha yang beralih menggunakan tas belanja untuk mendukung program go green, sekaligus sebagai media promosi produk.

Fungsi Goodie Bag

Pelaku usaha banyak menggunakan tas sebagai media promosi. Apalagi saat ini penggunaan kantong plastik harus diminimalisasi, sehingga pemakaian tas untuk belanja dalam penjualan produk semakin digencarkan. Selain beberapa fungsi tersebut, berikut fungsi tas dalam ruang lingkup dunia usaha.

1. Untuk Event

Jenis tas satu ini sering dipakai oleh pelaku usaha sebagai tas souvenir dalam beberapa event. Fungsi tas tersebut sebagai kenang-kenangan bagi para pengunjung yang hadir, sekaligus media promosi dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat. Melalui tas ini, diharapkan dapat memberikan manfaat serta kesan positif terhadap sebuah perusahaan atau produk.

2. Media Promosi

Bagi Anda yang ingin mempromosikan produk, maka bisa menggunakan tas sebagai media promosi secara langsung. Biasanya, tas tersebut akan terus dipakai oleh penerimanya, baik saat berbelanja atau membawa barang-barang lain. Semakin banyak orang melihat tas promosi tersebut, maka secara otomatis usaha atau produk akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat.

3. Bisa Custom

Pembuatan tas tidak hanya terbatas pada satu model saja, melainkan bisa custom. Bagi Anda yang ingin memberikan souvenir tas yang unik dan berkesan, bisa memilih desain tas yang unik. Contohnya seperti tas pouch yang memiliki ukuran kecil, serta bisa dimasukkan ke dalam tas saat bepergian.

4. Tas Shopping

Selain dipakai untuk promosi dan kenang-kenangan, jenis tas ini juga dipakai sebagai tas belanja. Banyak toko mulai menyediakan tote bag bagi pembeli, untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Kebanyakan, tas tersebut dibuat dari bahan kain yang kuat, sehingga lebih tahan lama dan praktis dibawah ke mana saja.

Jenis-Jenis Bahan Goodie Bag

Bahan baku pembuatan tas memang begitu beragam, termasuk untuk pembuatan goodie bag. Tetapi, tidak segala jenis bahan cocok digunakan untuk pembuatan tas untuk belanja tersebut. Pastikan bahan tas berkualitas dan tahan lama, agar bisa dipakai berulang kali dan berkesan bagi penggunanya. Berikut beberapa jenis bahan tas untuk belanja yang perlu Anda ketahui.

1. Kain D300

Kain D300 termasuk dalam kategori bahan kelas menengah ke atas. Bahan ini mempunyai ciri khas berupa teksturnya yang sedikit kaku dan keras. Kain D300 juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga menjadikan kain ini sering dipakai untuk pembuatan goodie bag.

2. Kain Drill

Kain drill umumnya dipakai dalam pembuatan pakaian. Tetapi, kain ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan tas tanpa mengurangi fungsi utama tas tersebut. Karakteristik kain ini yaitu teksturnya yang tidak begitu kaku serta nyaman dipakai. Saat sudah menjadi tas, bahan ini terkesan fleksibel dan menjadikan sablon pada tas juga lebih tahan lama.

3. Kain D600

Kain D600 berada dalam kategori yang sama dengan kain D300, tetapi lebih terkesan premium. Bedanya, kain D600 ini memiliki permukaan lebih tebal dibanding kain D300. Kain D600 harus melalui proses penjemuran sampai teksturnya menjadi kering dan kaku. Jika tidak melalui proses penjemuran, maka jarum jahit bisa patah yang membuat tas terlihat kurang rapi.

4. Kain Spunbond

Spunbond memang sangat sering dipakai untuk pembuatan goodie bag, karena ramah lingkungan. Ciri khas kain spunbond yaitu permukaannya yang halus dan teksturnya agak kaku, sehingga menjadikan jahitan tas lebih rapi. Harga yang terjangkau dan pilihan warna beragam, menjadikan spunbond sangat diminati untuk pembuatan tas belanja.

5. Kain Kanvas

Bahan satu ini mempunyai tekstur yang kuat dan tebal mirip tas blacu, sehingga cocok digunakan sebagai bahan tas. Dengan kualitas yang bagus, menjadikan bahan ini lebih mahal dibanding jenis bahan lainnya. Bahan kanvas juga semakin cantik dengan tambahan sablon berupa logo atau tulisan, sehingga sering dibuat tas fashion.  

Memilih Goodie Bag Murah dan Berkualitas

Jika Anda merasa bingung memilih tas yang murah namun tetap berkualitas, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

1. Sesuaikan Konsep Produk atau Perusahaan

Pilihlah goodie bag sesuai dengan konsep produk atau perusahaan Anda. Biasanya, tas tersebut memiliki warna sesuai karakteristik perusahaan atau produk, sehingga dapat menjadi sebuah ciri khas tersendiri. Anda harus memastikan model tas tersebut disukai oleh semua kalangan konsumen, agar nantinya lebih bermanfaat dan sering dipakai.

2. Model yang Unik

Agar tas belanja tersebut lebih berkesan, sebaiknya pilih model yang unik dan tidak pasaran. Hal ini akan menciptakan kesan yang eksklusif pada tas tersebut. Meskipun unik, namun pastikan tas tersebut tetap berfungsi dengan baik untuk membawa barang-barang.

3. Kualitas Jahitan

Anda harus selektif ketika memesan tas dengan mengecek kualitas jahitannya. Pastikan jahitannya kuat dan rapi, sehingga lebih tahan lama dipakai oleh konsumen nantinya. Tas berkualitas juga meningkatkan citra perusahaan atau produk di mata konsumen.

4. Pilih Konveksi Terpercaya

Untuk memeroleh produk tas berkualitas dan murah, pastikan memesannya pada konveksi terpercaya. Biasanya, konveksi tersebut berpengalaman mengerjakan berbagai desain tas. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan semakin murah jika memesan dalam jumlah banyak.

Goodie bag memiliki banyak fungsi dan bahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, pastikan memilih tas tersebut secara cermat, agar tidak hanya menjadi media promosi tetapi juga bermanfaat bagi penerimanya. Semakin berkualitas tas yang Anda berikan kepada konsumen, maka dapat menciptakan branding positif pada produk Anda.

FREE ONGKIR
Dapatkan Gratis Ongkir Keseluruh Jawa *Syarat & Ketentuan berlaku